Selasa, 15 Mei 2012

Orang Sukses adalah Yang Pandai Bersyukur


Apabila kita ingin menjadi orang yang sukses di dunia dan di akhirat, maka kita harus pandai-pandai bersyukur. Terutama mensyukuri masalah rejeki, harta benda, dan segala kenikmatan yang sudah kita rasakan. Belum dianggap sukses di akhirat, jika kita tidak pernah mensyukuri karunia yang ada.

Menurut pandangan orang-orang salaf bahwa rejeki itu tidak hanya harta benda atau pendapatan dari mencari nafkah. Nyawa, kesehatan, kemampuan berbicara, kemampuan mendengar, kemampuan berpikir, anak, istri dsb. Pokoknya apa yang dapat dinikmati, maka itulah rezeki.

Namun secara umum, orang memandang bahwa rezeki adalah harta benda yang didapat dengan berikhtiar. Khusus tentang harta benda ini. Allah juga memberikannya kepada manusia dengan cara Cuma-Cuma. Hanya saja harta dan benda itu tidak langsung jatuh dari langit. Allah tidak akan memberi orang yang hanya mengadahkan tangannya. Harta dapat diperoleh dengan cara bekerja, dengan cara berusaha secara rajin. Melalui ikhtiar, Allah akan memberi rezeki/harta yang kita kehendaki, meskipun kadang-kadang kenyataannya berbeda dengan angan-angan.

Allah SWT menciptakan siang bertujuan agar manusia memanfaatkan sebaik-baiknya untuk berikhtiar. Kita tidak dilarang menyibukan diri untuk bekerja di siang hari, asalkan kita mengetahui kewajiban kita. Sebab sepanjang siang ada waktu-waktu yang tidak terlalu banyak untuk melakukan ibadah kepada Allah. Mulai pagi hari manfaatkanlah waktu untuk berikhtiar, mencari rezeki yang halal dengan disertai doa dan pengharapan kepada Allah. Jika sore hari jangan lupa kita bersyukur kepadaNya. “Dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan.” (Q.S An-Naba: 11) “Dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.” (Q.S Al A’raf: 10)

1 komentar:

  1. halo try , mampir ke blogku yuk , ada kado kecil buat kamu di postingan aku yang The Versatile Blogger .

    jangan lupa follow ak yaa :)

    BalasHapus

 

Dream, Pray & Action! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template