Jumat, 12 September 2014

Donor Darah? Siapa Takut!

Assalamu'alaykum warrahmatullah wabaraakatuh...

Tak terasa 2 bulan telah aku lewati, Yeay! 2 bulan di Bekasi. Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga di rumah dan berjumpa dengan sahabat-sahabatku.

Tepat tanggal 1 September 2014, aku mulai berjuang kembali. berjuang di semester 3! Semangat! ^^

Btw, pembaca setia blog-ku.... kalian udah pernah donor darah? sering donor darah kah? atau malah takut untuk donor darah? :p hmm.... Aku malah pengen banget bisa donorin darahku!=))

Selasa lalu (9/9), di gedung C3 FE Unnes ada keramaian. Ada apaan sih? | Oalah, donor darah. Setelah pulang kuliah, temenku berbondong-bondong ikut antrian karena mereka sudah punya niat untuk donor darah. Aku juga ikutan ngantri :D *antri dibelakang timbangan*
Donor darah sering diadakan di kampus, setiap semester dan kesempatan aku bisa donor darah tiap semesternya ada disini. Hhaa... dulu pas SMK, aku pengen banget bisa donor darah, tapi ya karena di sekolah ga diadain jadi aku belom pernah donor darah :(

Aku selalu dikasih info ada donor darah ini dari temenku (Nofita), dia yang sering kasih kabar kalau ada donor darah di kampus karena dia anak KSR/PMR. Denger kabar ini, aku niat banget untuk bisa berpartisipasi. 

Oh iya, Ada cerita sedikit.. setelah pulang kuliah Pancasila (pas semester 1) tepatnya hari selasa dan aku kuliah di Gedung FMIPA, aku jalan dari FMIPA sampai ke gedung FE. (biasanya juga jalan :p) karena donor darah lagi diadain di FE. Ya, karena udah punya niat apapun itu akan aku usahain. Jalan ke FE, nyampe disana ngantri dulu untuk periksa darah. daaaaan *ttsssk* *AWWWWW* jariku ditusuk gitu kan, buat diambil darahnya dan di cek apa boleh untuk ikutan donor darah. alhasil.............
Aku ditolak :( karena Hb-ku yang tidak memenuhi syarat. Gajadi donor darah deh! hehe... Gpp deh, yang penting sekarang udah tau golongan darahku apa. wkwk 

Iya, aku baru tau golongan darahku pas baru masuk kuliah ini :p sebelumnya aku hanya mengira-ngira, kalau golongan darahku O, karena Ibuku golongan darahnya O =)) ternyata benar.


(Balik lagi cerita awal)
Setelah menunggu antrian, temen-temenku yang udah diperiksa berhasil lolos. Mereka bisa donorin darahnya. Aku masih meraba-raba, apakah aku akan ditolak lagi karena Hb-ku ga memenuhi syarat? ._. yaudahlah diperiksa aja. lagi lagi *tssskkkkk* *AWWWW* dan setelah dicek. Hasilnya....... *YEAY AKU LOLOS MASUK FINAL* #EhSalah #BisaDonorDarah

Aku bisa donorin darahku, Hb-ku lebih 4 angka dari syarat yang harus dipenuhi (12.5) :D
sekilas info, dulu Hb-ku kurang itu karena aku jarang makan sayur. Ya, tau sendirilah anak kost gimana:(
dan aku juga masih berfikir, kok bisa sekarang lolos. padahal jarang makan sayur juga. Hha

Harus ngantri lagi, karena yang berpartisipasi banyak banget. Aku yg menunggu dari jam setengah 11, baru bisa tiduran di kasur yang buat donorin darah jam setengah 1. (Padahal jam 1 ada kuliah lagi) Grasak grusuk sendiri, heboh sendiri karena makul jam 1 aku kebagian presentasi jadi takut ga keburu. Hhu.

Yeay, Akhirnya.... Aku kebagian buat tidur di kasur itu hhaaa =)) sebelumnya agak deg degan, tapi pas udah tiduran engga. Tangan kananku ditusuk jarum sama Ibu yang bertugas dan kepalaku menoleh ke sebalah kiri, karena ga mau liat jarumnya--"

MasyaAllah, teriaklah aku.... ketika jarum itu sudah tertusuk dilengan kananku. Sakit. Cekit cekit. Pas ngelirik lenganku Allahuakbar, jarumnya gede yak. Kok kayak jarum buat ngejahit sih--" :v
Oh iya, kata Ibunya, darahku pas akhir-akhir jalannya macet terus dibilangin disuruh minum air putih yang banyak. Oke bu! :D

Alhamdulillah, kali ini aku bisa ikut berpartisipasi. Ternyata donor darah itu banyak banget manfaatnya :D
Nih :
1. Bentuk kepedulian terhadap sesaman
2. Membantu hidup orang lain
3. Satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa
4. Membantu menurunkan berat badan
5. Membantu membakar kalori
6. Melindungi jantung
7. Mengatur kontrol kesehatan
8. Membantu sirkulasi darah
9. Memperbaharui sel darah baru
10. Mengalahkan kelebihan zat besi
(sumber:google.com)

"Suatu kebanggaan apabila dapat menyelamatkan jiwa seseorang melalui donor darah sukarela" - kutipan dari kartu donor darah - :D



Jadi... donor darah? siapa takut!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dream, Pray & Action! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template