Sabtu, 23 Maret 2013

Ibu


Bismillahirrahmanirrahim..

Tahun 2012 yg lalu, aku lupa tepatnya dibulan apa, tapi yang pasti tahun ini ibu udah ngerasain sakit, awalnya periksa di puskesmas terus katanya disuruh langsung ke rumah sakit aja.Yaudah tuh langsung periksa ke dokter. Ternyata ada sesuatu didalam tubuh ibu, *penyakit* Setelah beberapa kali periksa, dokter menyarankan untuk di operasi. Pas ibu ngasih tau, aku kaget, ga nyangka. Keluargaku setuju kalo ibu di operasi. Tepat dibulan Mei, ibu ngejalanin operasi waktu itu aku lagi PKL. Yang nemenin ibu operasi bapak dan mbak erna (kakak pertamaku). Dari tempat PKL aku cuma bisa doain ibu semoga operasinya lancar, aku dapet sms dari mbak erna kalo ibu udah di operasi dan udah sadar. Alhamdulillah... Pas pkl aku minta izin pulang cepet, aku mau langsung ke rumah sakit. 5hari ibu dirawat, aku izin juga ga masuk pkl selama 3hari untuk jaga ibu sampe ibu udah diperbolehkan pulang ke rumah. Setelah operasi, sebulan sekali ibu juga masih harus ke rumah sakit.

Beberapa bulan setelah operasi, tepat bulan Desember ibu ngerasain sakit lagi, perutnya suka sakit katanya cuma maag, yaudah coba periksa ke puskesmas. terus kata dokter di puskesmas ini bukan maag, disuruh ke rumah sakit aja. Yaudah ibu balik lagi ke rumah sakit dimana ibu di operasi, setelah diperiksa ternyata ibu harus dirawat (28 Desember 2012). Alhamdulillah banget, waktu itu aku lagi liburan semester 5. jadi selama liburan itu aku jaga ibu. bapaknya kerja. waktu itu aku sempet kesel sama penanganan rumah sakit itu. nah dokter-dokter disana malah izin cuti semuaaaaaaaaa :(( cuti tahun baruan hufffft. waktu itu ibu disuruh usg (buat liat ada apa didalam perut ibu) bilangnya malam ini *senin* mau di usg, eh nyatanya gajadi. diundur sampe hari rabu (2 Januari 2013) baru bisa di usg. Jadi selama 6hari itu ibu belom tau ibu kena sakit apa :'( selama nunggu, aku searching obat herbal yang bisa buat ngobatin penyakit ibu.
hari rabu tiba, ibu udah bisa di usg, hasilnya ternyata ada cairan didalam tubuh ibu. pokoknya setelah itu dapet kabar kata dokter penyakit ibu yang lalu nyebar dan rumah sakit ini peralatan yang dibutuhin ga lengkap dan disaranin ke rumah sakit lain, jleeeeeeb. aku dikasih tau bapak langsung nangis, bapak juga nangis. ibu juga jadi ikutan nangis. aku ga bisa ngomong apa-apa sama ibu, disitu suster langsung ngasih semangat buat ibu. bapak langsung ngasih tau keluarga yang ada di jawa. malam itu aku nangis aja, aku cuma bisa minta sama Allah, berdoa semoga ibu diberi kesembuhan. Pokoknya aku pasrahin ke Allah aja, yang bis a nyembuhin kan Allah. Hari sabtunya ibu dibawa pulang ke rumah, aku bilang sama bapak. ibu diobatin pake penyembuhan herbal aja trus minum obat herbal. Nah hari minggunya ibu dibawa ke pengobatan herbal, duaminggu minum obat herbal. ibu ngerasa sakit terus, perut ibu bengkak. oh iya, budheku yang dari kebumen dateng dan budhe padheku yang dari semarang juga dateng ke rumah. seminggu setelah itu, kata tetangga ibu dibawa ke rumah sakit aja, kasian makin bengkak gitu perutnya.

17 Januari 2013, ibu dibawa ke RSCM kamar disana juga penuh. jadi ibu masuk ke IGD. lama juga tuh nunggu dapet kamar, bapak yang nungguin ibu. waktu itu aku udah masuk sekolah. aku baru bisa dateng ke RSCM hari sabtu. Nah aku langsung liat kondisi ibu gimana. Pas masuk IGD liat ibu, mataku udah berkaca-kaca, perutnya udah ga mau nerima makanan. jadi ibu cuma dikasih susu selama di IGD, dan itu minumnya juga lewat hidung :'( pas itu ada kesalahan diselang yang dipasangin di hidung ibu. jadi mesti dibenerin, pas dibenerin ibu kesakitan. gakuat liatnya. waktu itu juga, bapak ngasih tau ke aku kata dokternya penyakit ibu yang lalu udah nyebar, aku disuruh sabar dan jangan lupa doain terus ibu. nangis terus aku disitu, langsung buka qur'an buat nenangin hati. alhamdulillah tenang. Sorenya aku pulang, aku cuma bilang sama ibu. "ibu kalo ngerasa sakit, ibu inget Allah aja ya bu. sebut nama Allah bu". Ibu mengiyakan. aku salim terus cium pipi ibu.

Hari minggunya dapet kabar dari bapak, ibu udah dapet kamar. Alhamdulillah.. Hari minggunya tetangga langsung jenguk ibu, nah mbak ani (kakakku yang kedua) ditelfon salah satu tetangga yg dateng kesana, katanya ibu nyariin anak-anaknya :'(
hari senin aku masuk sekolah, nah pas upacara badanku lemes banget. pikiran kebayang-bayang ibu, ga sadar air mata netes. pas pertengahan upacara aku izin keluar dari barisan upacara aku ga kuat.
Setelah upacara, aku ikutan belajar bahasa inggris di kelas, pikiranku juga ga fokus. aku selalu lihat HP kali aja ada kabar dari ibu yang dirumah sakit. naaaaaaaaaaah jam 9an mbak ani nelfon. ga karuan deh rasanya sebelum angkat telfon dr dia. minta izin sama bu lusy keluar angkat telfon pas angkat, mbak ani udah nangis-nangis bilang kalo ibu ga sadar ibu berontak-berontak katanya, pas itu hpku tiba2 mati. makin lemes aja, langsung ke kelas minta dikirimin pulsa sama dara, temen2 dikelas juga pada bingung ngeliat aku. aku langsung telfon balik mbak ani. nanya jelasnya gimana. Intan yang lagi didalem kelas langsung keluar nanyain aku "kenapa try?" ga bisa jawab, aku disitu langsung nangis. beberapa temenku langsung nyamperin aku. ya aku langsung ditenagin mereka. mbak ani nyuruh aku langsung izin buat ke rumah sakit. yaudah aku izin, dan dianterin ayu kesana. Alhamdulillah sampe sana, ibu udah ga berontak2 lagi. tangan kaki ibu diiket. aku duduk disamping ibu, gatau ibu sadar apa engga kalo aku ada disampingnya. ibu bilang tangan dan kakinya ga mau diiket gitu, yaAllah.........senin itu, semua keluargaku ada disana, dokter ngasih tau begini begitu. dokternya ngasih tau, udah ga bisa nanganin. Yaudah hari selasanya ibu dibawa pulang ke rumah. tetangga dirumah udah pada nunggu didepan rumah buat liat ibu. banyak yang dateng terus doain ibu. kata salah satu tetanggaku ada yang mau diucapin sama ibu tuh kayaknya, tapi ga bisa diucapin:"( bapak, aku dan kakakku langsung minta maaf sama ibu. malem itu sedih banget suasananya. Malem rabunya aku nanya sama bapakku, "aku besok sekolah apa engga pak?" bapak bilang sekolah aja, pas tanggal 24 Januarinya itu tanggal merah jadi yang jagain ibu gantian aja, pas hari rabunya juga aku ada ujian praktek.

Rabu, 23 Januari 2013, aku izin sekolah sama ibu. aku cium pipi ibu dan doa dalam hati semoga ibu cepet sembuh. pas di sekolah temenku bilang pulang sekolah nanti mau pada dateng ke rumah, jenguk ibu.
jam 10an mbak ani sms aku katanya dia mau jemput aku. jam set. 12 mbak ani nelfon pas mau diangkat mati. terus kakak sepupuku juga nelfon, pas mau diangkat juga mati. mbak ani nelfon lagi sambil nangis. dia bilang "gw ga jadi jemput lo, ibu udah ga ada try". pas denger itu aku ga percaya, yaAllah...... terus aku nanya lagi, iya beneran ibu udah meninggal :"( innalillahi wainnailahirajiun....
sebelum angkat telfon itu, aku lagi ngobrol sama temen2 kelompok kwu-ku waktu itu lagi ngebahas kwu. pas selesai angkat telfon, aku balik langsung ngasih tau ke temen2 sambil nangis, langsung meluk afra :'(
temen2ku yang lagi di masjid langsung dikabarin, guru kelasku juga dikabarin, bus sus langsung nyamperin ke ruang 24.

Nyampe rumah langsung liat ibu, subhanallah Ibu cantik banget looooooh, mukanya bersinar :) aku diceritain budhe ku, terakhir hidupnya ibu nyebut nama Allah, pokoknya ibu meninggalnya kayak orang tidur gitu. setelah nyebut nama Allah ibu nutup mata. subhanallah bangeeeeeeeeeeeeeeet ;')

1 pesan yang selalu Ibu sampein sebelum aku pamitan ke sekolah, "jadi anak sholehah ya try" aamiin ;)
oh iya ibu juga bilang sama aku, "ibu cuma bisa doain kamu semoga UNnya lancar terus masuk PTN yang kamu mau" "aamiin" doa ibu itu kado terindah untuk aku.

Maafin try ya bu, banyak salah sama ibu, kadang nakal, kadang ga nurut ibu.............

Ibu the bestlah buat aku, aku sayang ibu.....
Tenang disana ya bu, semoga ibu ditempatkan di tempat yang terbaik sama Allah, aamiin
Semoga aku bisa jadi anak yang ibu inginkan, sampai ketemu di surga Allah bu ;') aamiin











0 komentar:

Posting Komentar

 

Dream, Pray & Action! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template